Wednesday, September 14, 2011

Android Emulator di PC

Saya hanya repost dari postingan orang-orang yang saya cari di google.
Saya mencoba menjalankan emulator untuk Operating System Android di PC saya, dan berhasil.
Sekedar untuk pengetahuan aja tentang Android. Saya rasa Android OS kurang menggugah selera saya, karena tidak ada fitur yang bisa dibanggakan banget. Kalau kayak Blackberry kan ada Blackberry Messenger nya yang laku dipasaran. Sejauh ini saya belum dapet unggulnya Android untuk kebutuhan saya.
Berikut cara Instalasi emulator Android di PC Anda, saya merekomendasikan PC Anda sudah menggunakan prosesor dengan 2 inti (2 cores) dan RAM yang cukup besar untuk membagi dengan emulator.
1. download file ini di http://developer.android.com/sdk/index.html , tinggal pilih aja Operating system nya apa (windows/Mac/Linux), nanti download yang berekstensi *.zip untuk windows.
2.  Download update java runtime nya disini http://www.java.com/en/download/
3. Install java runtime nya.
4. Extract file ekstensi zip nya hasil download (android-sdk_r08-windows). Setelah itu masuk ke folder Android SDK (folder android-sdk-windows).
5. Buat folder dan beri nama "temp" tanpa tanda petik.
6. Jalankan program SDK Manager.exe
7.  Kemudian tunggu beberapa saat ketika ada pengecekan sistem. trus close.
8.  Akan muncul window Choose Packages to Intall.
9. Jangan pilih semua, pilih saja Android SDK Platform Tools dan SDK Platform Android 2.3/SDK Platform Android3.0 (SDK Platform Android 2.3/3.0 merupakan jenis Android itu sendiri)
10. accept-lalu install
11. tunggu download an..
12. kalo udah selesai nanti diminta restart ADB nya, klik OK aja.
13. kalau udah ke tab Virtual Devices > New
14. trus tinggal isi aja: contoh :
Nama    :  Android-2.3
Target   : Android 2.3 API level 10
SD Card : (pilih sesuai kebutuhan, ini merupakan memory card buat emulator tablet Androidnya, kalau ingin 2GB tinggal ubah Mib ke Gib) ketik angka 2.
 kalau udah creat AVD
15. trus pilih yang ydah dibuat- start

16. Launch
17. tinggal tunggu booting ANDROID nya,,memang agak lama, tunggu aja, sekitar 10 menitan, mgnkin lebih..
18. Selamat Mencoba..

Nih hasil nya :


-rilim-

No comments:

Post a Comment