Saturday, August 14, 2010

Arti Kedewasaan

Apakah arti kedewasaan? Saya akan menuliskannya menurut pandangan dan pemahaman saya yang terkumpul dari berbagai sumber seperti buku, orang tua, internet, pengalaman hidup, guru konseling dan pembina kegiatan tertentu.

Saya hanya seorang remaja menuju pemuda ingin mencapai kedewasaan yang sesungguhnya. Saya ingin berbagi sudut pandang saya mengenai apa itu kedewasaan, sudut pandang saya sebagai pemuda yang labil untuk berbagi dalam postingan ini...

Pertama, kedewasaan itu adalah sikap dimana kita memahami bahwa hidup yang biasa-biasa saja harus diubah menjadi lebih baik, yaitu membuat motivasi dalam diri untuk menciptakan hidup yang “gak standar-standar aja”.

Kedua, kedewasaan itu sikap siap, terencana, terarah, matang, potensial dalam menghadapi tantangan hidup. Dalam hal ini kedewasaan itu merupakan kesiapan untuk merencanakan apa saja yang harus dilakukan secara positif demi memperjuangkan niat baik.

Ketiga, kedewasaan itu adalah pendirian atau prinsip, bekal visi misi dengan tujuan baik yang membekali kita dalam kekuatan dalam menghadapi masalah (karena setiap manusia punya masalah hidup masing-masing), penguatan iman cukup efektif untuk membentuk kedewasaan dalam hal ini.

Keempat, kedewasaan itu adalah mampu mengalahkan diri sendiri, sebab diri sendiri itulah musuh manusia yang paling sulit untuk ditaklukkan, (kedua setan, suka ganggu dalam bentuk manusia juga padahal). Diri sendiri selalu terbawa akan keinginan “surgawi” alias surga duniawi yang menyesatkan manusia untuk jatuh ke dalam dosa.

Kelima, kedewasaan itu mampu mengontrol emosional. Emosional yang salah digunakan akan mengakibatkan permasalahn, permasalahan akan menimbulkan kekecewaan, kekecewaan menimbulkan penyiksaan, penyiksaan akan menimbulkan penyakit, penyakit menimbulkan kematian lhoo?? tapi beberapa kasus memang menyebabkan kematian, bunuh diri salah satu contohnya.

Keenam, kedewasaan itu tenang, jernih, berpikir positif, profesional, santun, bertanggung jawab dengan apa yang Ia kerjakan dan selalu memiliki solusi efektif menghadapi masalah.

Ketujuh, kedewasaan itu gak kayak anak kecil.

Kedelapan, kedewasaan itu,mmmmm...apa pendapat Anda? silahkan beri komentar. hhe


-rilim-

2 comments:

  1. eh richard kok gue buka page lo banyak pop up2 gitu sih? ada pertanyaan: do u want to shut down your comp segala pula.

    eh sama percis nih sama status fb gw blakangan, tentang kedewasaan hahaha

    ReplyDelete
  2. haha,,iya emang itu cuma prank aja kok,,hehe,,
    ada apa dengan facebook lu belakang ini? kedewasaan juga kha? huehehe..

    ReplyDelete