Saturday, October 18, 2014

Mengatasi Masalah Getaran Pada Vario 125

Capek ati yah kalo punya motor bergetar, pastinya bakal terasa tidak nyaman dan menjengkelkan.
Apalagi sudah service rutin di AHASS dan tetap saja masalahnya masih tak kunjung teratasi.
Saya akan berbagi tips buat menghilangkan getaran pada Vario 125. Saya juga mengalaminya namun sekarang sudah teratasi masalahnya.

1. Full servis
Full servis ini hanya ngecek kondisi motor kyk klakson, lampu, setel klep mesin, cek rem, dll. Dan pastikan minta reset settingan injeksinya, biasanya ada alatnya buat reset (gak semua AHASS punya)

2. Cek bagian CVT box
Bakal kena ongkos tambahan buat cek bagian CVT box nya.
Tapi sumber yang bikin getaran itu dari bagian CVT Box ini. Ini pengalaman saya. Saya sudah full servis tapi hasilnya 2 hari kemudian getaran itu kambuh lagi.
Set Slide
- Tiap 20.000km segera ganti karet CVT nya.
- Cek rumah kopling dan mangkok kopling nya 1 set
- Cek kondisi roller
- Cek kondisi Set Slide klep nya 
- Pastikan juga minta dibersihkan Boks CVT nya.. debu dan segala pernik2nya bakal menggangu kinerja mesin.


3. Gunakan bensin oktan 92 keatas..rekomendasi pake Pertamax plus karena kompresi Vario 125 besar yaitu 1:11, minimal pake Pertamax jangan pake premium, walaupun pake premium masih bisa tapi bakal ngurangin pembakaran dan kerja kopling ma piston jadi berat dan cepat menimbulkan kerak dan mesin seperti tersendat.

4. Ganti Busi setiap 4000km.
Mungkin saat km 5000 atau 6000 masih bisa dipake tapi mulai timbul gejala mesin endut-endutan atau tersendat. Rekomendasi ganti setiap km 4000.


Semoga membantu dan bisa mengatasi getaran pada motor Vario 125 Anda

:)

Lihat juga postingan blog aku untuk cara dapat uang dengan mudah.
klik artikel ku di Dapat Uang di Waktu Senggang


-rilim 2014-


2 comments:

  1. Terima kasih gan, iya ni motor saya getarannya parah banget, apalagi pada saat gas ditarik setelah melewati polisi tidur, baru pertama jalan.

    ReplyDelete